Apa Penyebab Munculnya Bintik Kuning Pada Mata?

Apa Penyebab Munculnya Bintik Kuning Pada Mata?
Apa Penyebab Munculnya Bintik Kuning Pada Mata? Sklera alias bagian putih mata harusnya tampak jernih. Tetapi apabila ketika bercermin Anda menyadari adanya bintik kekuningan di permukaan sklera, Anda patut waspada. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kemunculan bintik kuning pada mata. Bahayakah kondisi ini, dan apakah bintik kuning tersebut dapat dihilangkan?

Apa penyebab munculnya bintik kuning pada mata?

1. Pinguekula

Pinguekula adalah bintik kuning pada konjungtiva (lapisan tipis transparan yang melindungi sklera) yang terbuat dari lemak, kalsium, dan protein.
Bintik pinguekula cukup sering terjadi pada orang-orang yang memiliki mata kering dan memerah, misalnya karena iritasi paparan debu dan kotoran di udara atau karena terlalu lama menatap layar elektronik. Selain itu, paparan sinar UV matahari langsung pada mata juga dapat menyebabkan kemunculan bintik kuning pinguekula.
Bintik kuning pada mata kering yang disebabkan oleh pinguekula biasanya turut disertai dengan gejala gatal, pandangan kabur, dan rasa tidak nyaman seperti ada yang mengganjal atau berpasir di dalam mata.
Masalah mata ini dapat diobati dengan menggunakan obat tetes mata steroid atau obat tetes mata yang mengandung obat NSAID untuk meredakan peradangan penyebab mata merah tersebut.

2. Kekurangan vitamin A

Selain pinguekula, keluhan munculnya bercak kuning pada mata juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin A. Kondisi ini dinamakan dengan sebutan Bitot spot. Bintot spot juga disertai dengan sensasi kering dan kesat pada mata, seperti ada yang mengganjal atau berpasir di dalam mata, juga penurunan penglihatan pada malam hari.
Bedanya bintik pada mata akibat Bintot spot dengan pinguekula adalah jenis bercaknya. Bintot spot ditandai dengan kemunculan bercak berwarna keputihan dan berbentuk seperti busa sabun, sementara bintik pinguekula berbentuk bintik-bintik kuning.
Keluhan ini sering terjadi pada anak-anak dan ibu hamil, terutama yang kekurangan nutrisi.

Apakah bintik kuning pada mata dapat dihilangkan?

Bercak kuning pada mata akibat pinguekula hanya dapat dihilangkan lewat operasi, terutama apabila ukuran bercaknya membesar dan sampai mengiritasi mata lebih lanjut.
Karena satu-satunya cara menghilangkan bintik kuning pada mata hanya lewat operasi, maka ada baiknya Anda mengetahui tips-tips mencegah kemunculannya dengan:
  • Pakai kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung, serta debu dan kotoran di udara.
  • Teteskan air mata buatan bila mata terasa sangat kering.
  • Pastikan Anda tidak kekurangan vitamin A. Konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan vitamin A seperti ikan salmon, keju dan wortel.
Demikianlah ulasan mengenai bintik kuning pada mata. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Taman Indonesia Kaya, Objek Wisata Baru Yang Patut Dikunjungi Di Semarang

Daging Olahan Menyebabkan Kanker Payudara, Benarkah?

Serunya Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark Dengan Museum Air Pertama Di Jogjakarta