Pesona Gumuk Pasir Parangkusumo Yang Banyak Dikunjungi Turis Di Yogyakarta

Pesona Gumuk Pasir Parangkusumo Yang Banyak Dikunjungi Turis Di Yogyakarta
Pesona Gumuk Pasir Parangkusumo Yang Banyak Dikunjungi Turis Di Yogyakarta. Yogyakarta sudah lama dikenal mempunyai berbagai macam wisata alam yang indah. Tetapi tahukah kamu Yogya juga punya padang pasir yang menarik? Namanya Gumuk Pasir Parangkusumo.
Gumuk pasir ini berasal dari hamparan pasir yang terbentuk karena peristiwa alam dari material Gunung Merapi yang terbawa ke Pantai Parangtritis. Padang pasir ini berada di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.
Kata gumuk berasal dari bahasa Jawa yang artinya gundukan atau sesuatu yang menyembul dari permukaan yang datar. Gumuk pasir terbentuk karena fenomena alam berupa pergerakan angin di Jogjakarta.
Jadi, pasir yang menumpuk seperti gurun itu terbawa oleh angin dan menumpuk di tempatnya sekarang.
Pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo berasal dari material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo menuju Laut Selatan.
Sesampainya di muara, pasir itu terhantam oleh gelombang samudera, sehingga mengalami penggerusan dan berubah menjadi partikel pasir yang kecil.
Setelah itu, butiran pasir kecil itu diterbangkan oleh angin laut ke daratan. Saat musim pergantian, angin bertiup lebih kencang, oleh karena itu membuat pasir yang terbawa ke daratan lebih banyak.
Lama kelamaan, pasir itu berkumpul dan terbentuklah gumuk pasir di daerah itu. Proses terbentuknya menjadi gumuk pasir pun tidak sebentar, memerlukan waktu ribuan tahun.
Cuaca di gumuk pasir ini sama seperti di gurun pasir pada umumnya, terasa terik saat siang hari dan terasa dingin saat malam, jadi kamu harus bersiap kalau hendak berkunjung ke Gumuk Pasir pada siang hari.
Selain sebagai lokasi wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi manasik haji calon jemaah haji di Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat perayaan Idulfitri maupun Idul Adha, tempat ini dijadikan lokasi salat Ied oleh warga sekitar pantai Parangtritis.
Biaya untuk berwisata ke Gumuk Pasirpun tidak mahal karena pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan mobil Rp 10 ribu.
Karena berada di kawasan Pantai Selatan Jogja, kamu tidak hanya bisa berkunjung ke Gumuk Pasir tapi kamu bisa pergi ke Pantai Parang Tritis dan Cemoro Sewu yang tidak kalah menariknya.

Comments

Popular posts from this blog

Taman Indonesia Kaya, Objek Wisata Baru Yang Patut Dikunjungi Di Semarang

Daging Olahan Menyebabkan Kanker Payudara, Benarkah?

Serunya Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark Dengan Museum Air Pertama Di Jogjakarta